Sabtu, 26 Maret 2011

KaraEng Bontomarannu

Bernama lengkap I Pakkebbu Karaeng Jarre Karaeng Bontomarannu Karaeng Galesong. Beliaulah yang merupakan Panglima Angkatan Laut Kerajaan Gowa yang bergelar KaraEng Bontomarannu, beliau pulalah yang berangkat bersama pembesar-pembesar Kerajaan Gowa dan sekutu lainnya ke Jawa karena ketidaksenangannya dengan perjanjian Bungaya.

Tiba di Banten pada tanggal 19 Agustus 1671 dengan 4 perahu bersama pengikutnya sebanyak 800 orang. Termasuk didalamnya Raja Tallo Sultan harun Al-Rasyid, I Manninrori Daeng Mangeppek (bersaudara lain ibu dengan Raja Tallo Harun Al Rasyid) dan I Ata Tojeng Daeng Tulolo Syaiful Muluk KaraEng Bontomajannang (saudara lain ibu dengan Sultan Hasanuddin).

Karaeng Bontomarannu adalah merupakan salah satu musuh utama Belanda. Tak tanggung-tanggung nama beliau dimasukkan dalam isi perjanjian Bungaya sebagaimana tercamtum pada point 15 Perjanjian Bungaya yang bunyinya sebagai berikut : Raja Bima dan Karaeng Bontomarannu harus diserahkan kepada Kompeni untuk dihukum. Demikian dapat dibayangkan betapa murkanya Belanda pada orang ini.
KaraEng Bontomarannu sebelum diangkat menjadi Panglima Angkatan Laut Kerajaan Gowa pernah menjadi KaraEng Galesong yakni KaraEng Galesong ke III (dari tahun 1656-1659).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar